Analisis kepemimpinan, motivasi kerja, budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening

Authors

  • Suarni Norawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang, Riau
  • Zamhir Basem Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang, Riau
  • Diana Astati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang, Riau

DOI:

https://doi.org/10.47065/imj.v3i2.236

Keywords:

kepemimpinan, motivasi, budaya organisasi, komitmen organisasi, kinerja

Abstract

Kinerja instansi merupakan gambaran kinerja pegawai dalam sebuah instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dari variabel kepemimpinan, motivasi, budaya organisasi terhadap kinerja dengan variabel komitmen organisasi sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Perkim Kabupaten Kampar. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model SEM yang diolah dengan menggunakan program Smart PLS Versi 3.00. Hasil pengolahan data menyimpulkan bahwa kepemimpinan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perkim Kabupaten Kampar. Kepemimpinan secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai. Komitmen organisasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perkim Kabupaten Kampar. Penelitian ini merekomendasikan untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian yang cakupan respondennya lebih banyak lagi, dan objek yang diteliti bisa lebih banyak lagi dan tidak hanya pada satu dinas saja.

References

Greenberg, J., & Baron, R. A. (2013). Behavior in organizations: understanding and managing the human side of work. Prentice Hall.

Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2014). Organizational behavior and management (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Kartini, K. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan. PT. Rajawali Grafindo Persada.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi (9th ed.). Salemba Empat.

Lovina, L., Hendriani, S., & Marnis, M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Provinsi Riau. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 156–178.

Luthans, F., Luthans, B. C., & Luthans, K. W. (2015). Organizational behavior: an evidence-based approach (13th ed.). Information Age Publishing, Inc.

Mangkunegara, A. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (S. Sandiasih (ed.); 11 th). PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Mubarak, A., & Darmanto, S. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PNS Di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang). MAKSIMUM: Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/mki.v5i1.1719

Rahayuningsih, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai, Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. BISMA, 12(3), 414. https://doi.org/10.19184/bisma.v12i3.9049

Rikiawan, I. N. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasional terhadap Prestasi Kerja ( Studi pada Karyawan AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2).

Rivai, V. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2014). Essentials of organizational behavior (12th ed.). Pearson Education.

Sastrohadiwiryo, S. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administrasi dan Operasional. Bumi Aksara.

Siagian, S. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Stoner, J. A. F. (2010). Management. Prentice Hall.

Thoha, M. (2012). Prilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Rajawali Pers.

Widyastuti, E. (2018). Pengaruh Motivasi, Kedisiplinan, Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi Serta Kinerja Pegawai (Studi Di Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Karanganyar). STIE-AUB Surakarta.

Widyawatiningrum, E., Suryadi, U., & Rizal, R. (2015). , Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Di PTPN X Jember. Jurnal Teknologi Pertanian, 16(2), 127–136.

Yukl, G. (2010). Kepemimpinan dalam Organisasi (5th ed.). PT. Indeks.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Norawati, S., Basem, Z., & Astati, D. (2023). Analisis kepemimpinan, motivasi kerja, budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Insight Management Journal, 3(2), 116–128. https://doi.org/10.47065/imj.v3i2.236

Issue

Section

Articles